Himpunan Mahasiswa Seni Tari STKIP-PGRI Banjarmasin

Kuliah Umum Jurusan/Prodi Pendidikan Seni Tari STKIP-PGRI Banjarmasin

Posted on: 14 Maret 2010

Pendidikan Seni Tari merupakan  jurusan baru di STKIP PGRI Banjarmasin . Pendidikan sejenis belum ada di Kalsel bahkan di seluruh Kalimantan. Oleh karena itu mahasiswa belum memiliki contoh nyata mengenai prospek ke depan dikarenakan Jurusan seni tari belum menghasilkan lulusan. Minimnya wawasan dan apresiasi membuat mahasiswa belum memiliki gambaran proses pembelajaran mahasiswa seni tari dari perguruan tinggi sejenis yang lebih dulu hadir dan bagaimana menjadi mahasiswa yang kompeten di bidang seni tari . Oleh sebab itu  mahasiswa masih memerlukan dorongan semangat dan motivasi belajar serta wacana-wacana yang berhubungan dengan Jurusan Pendidikan Seni Tari.

Hal ini kami maksudkan  sebagai upaya mewujudkan Pendidikan Seni Tari STKIP PGRI Banjarmasin menjadi  “Pusat Studi Seni Tari” di Kalimantan sesuai dengan visi, misi, dan dan tujuan pendidikan  yang ditetapkan oleh lembaga maupun Jurusan. Motivasi dan gambaran umum tentang Pendidikan Seni Tari sangat mempengaruhi proses dan hasil belajar bagi mahasiswa, untuk itu perlu kiranya diadakan kuliah umum sebagai wahana penambah wawasan, semangat, dan tukar pikiran terhadap nara sumber yang kami rencanakan adalah person yang mempunyai latar belakang  pendidikan ,  pemikir dan praktisi dalam bidang seni khususnya Seni Tari.

Beranjak dari dasar pemikiran tersebut maka diselenggarakanlah Kuliah Umum Jurusan/Program Studi Pendidikan Seni Tari STKIP-PGRI Banjarmasin. Tema yang akan menjadi muara dari seluruh percakapan dan proses yang terjadi, dengan orientasi selalu berada pada tema besar. Tema yang dimaksud adalah, ”Membangun Potensi Seni Tari Daerah Menjadi Potensi Nasional”. Bagaimana mahasiswa  memahami tema dari pengalaman mereka sehari-hari? Dari pengalaman itu, diharapkan peserta dapat bercerita, berefleksi dan memikirkan bersama, apa yang perlu dilakukan, bagaimana melakukan? Apa dan bagaimana peran Seni Tari Daerah dalam konteks persoalan masyarakat ?

Dalam Kuliah Umum, diharapkan masing-masing pembicara dapat memberi pengantar, baik tentang hal-hal makro, maupun yang lebih fokus dalam konteks persoalan Seni Tari dari sisi keilmuan dan proses tranformasinya. Kemudian didiskusikan bersama dengan peserta, dipandu oleh seorang moderator. Beberapa catatan inti dari diskusi ini, akan menjadi bahan masukkan dalam program lokakarya untuk dibicarakan lebih lanjut.

Kegiatan ini ditujukan sepenuhnya untuk mahasiswa Jurusan/Prodi Pendidikan Seni Tari dari semua angkatan dengan maksud :

Umum

Memampukan mahasiswa Pendidikan Seni Tari baik  teori maupun praktik

Khusus

  1. Membantu mahasiswa untuk menemukan bagaimana cara mengembangkan potensi yang dimiliki oleh masyarakat  sebagai sumber ilmu dan ketrampilan
  2. Membantu mahasiswa memfungsikan Seni Tari sebagai asset yang bisa memberikan andil dalam bidang keilmuan dan profesi.
  3. Mendorong mahasiswa  untuk melakukan langkah kongkrit dalam upaya pelestarian, pengembangan dan produktivitas yang bermanfaat bagi masyarakat pelaku maupun penikmat Seni Tari.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan tersebut antara lain :

  • Mahasiswa semakin yakin dengan prospek kedepan sebagai alumni STKIP PGRI Banjarmasin Jurusan Pendidikan Seni Tari.
  • Mahasiswa menyadari bahwa Seni Tari mampu berperan dalam pembangunan bangsa baik kognitif , afektif maupun psikomotor.
  • Mahasiswa maupun komunitas seni tari mampu menunjang kehidupan baik secara emosional maupun finansial.
  • Mahasiswa mampu bekerjasama dengan stakeholders untuk menciptakan suasana kekeluargaan.

Narasumber :

1.  Drs Supadma M.Hum

(Dosen Institut Seni Indonesia Yogyakarta)

Berkaitan dengan kompetensi akademik, bila  Pendidikan Seni Tari dan sikap kesenimanan  dianggap seabagai potensi bersama di masyarakat, apa yang dipersiapkan dan diharapkan oleh masyarakat,  dari keduanya dalam sehari hari dapat menjadi bahan pembelajaran bersama bagi masyarakat Kalimantan Selatan.

2.  Sumaryono, MA,

Barkaitan dengan prospek , untuk memberikan gambaran spektrum lapangan kerja bagi lulusan Pendidikan Seni Tari STKIP PGRI Banjarmasin, maupun relasiasi dan interaksinya? Apa peluang dan tantangan ke depan, terutama dalam konteks dinamika pluralisme etnis serta hubungannya dengan adat?

Pembicara dapat bercerita tentang pengalaman dan berefleksi dari pengalaman tersebut. Apa refleksi kritis yang dapat menjadi bahan pembelajaran bersama bagi masyarakat ?. Apa yang dipersepsikan dan diharapkan oleh masyarakat dari keduanya dalam menghadapi berbagai persoalan sehari-hari?

Bagaimana keduanya dapat menembus ”sekat-sekat” tradisi dan institusi, baik agama maupun adat serta kepentingan-kepentingan politik, yang menjadi penghalang bagi upaya-upaya menyejahterakan masyarakat? Nilai-nilai apa yang relevan dan penting untuk dipakai sebagai dasar bagi upaya kerjasama untuk membangun Seni Tari di Kalsel? Apa yang perlu dilakukan?

Bertindak sebagai Moderator adalah Rizma (dari panitia Jurusan Pendidikan Seni Tari) dan sebagai Master of Ceremony : Haris Afanda, serta difasilitatori oleh Yayasan PT-YPLP PGRI Banjarmasin selaku Fasilitator Utama dan Lembaga STKIP-PGRI Banjarmasin selaku Fasilitator Pembantu. Keseluruhan kegiatan ini adalah dibawah Jurusan/Program Pendidikan Seni Tari STKIP-PGRI Banjarmasin sebagai Penanggung Jawab.

(himaseta.035)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: